Contoh Pelanggaran Etika Bisnis Dalam Bisnis Online

Etika Bisnis

Untuk dapat memahami pengertian etika  bisnis, maka perlu dipahami mengenai etika. Arti etika dapat dibedakan dari etika sebagai praksis dan etika sebagai refleksi. Etika sebagai praksis berarti nilai-nilai dan norma-norma moral sejauh dipraktikkan atau justru tidak dipraktikkan, walaupun seharusnya dipraktikkan. Dapat dikatakan  juga etika sebagai praksis adalah apa yang dilakukan sejauh sesuai atau tidak sesuai dengan nilai dan norma moral. Sedangkan etika sebagai refleksi adalah pemikiran moral. Dalam etika refleksi seseorang  berpikir tentang apa yang dilakukan dan khususnya tentang apa yang harus dilakukan atau tidak boleh dilakukan Etika sebagai refleksi menyoroti dan menilai  baik buruknya perilaku orang (Bertens, 2009, h.33). Dengan demikan dapat dikatakan bahwa etika adalah cabang filsafat yang mempelajari baik buruknya  perilaku manusia (Bertens, 2009, h.35).

 

Prinsip-prinsip Etika Bisnis

Adapun prinsip etika bisnis menurut Sutrisna (2011, h.70) adalah:

  1. Prinsip otonomi
  2. Prinsip Kejujuran
  3. Prinsip Keadilan
  4. Prinsip Saling Menguntungkan
  5. Prinsip Integritas Moral

Prinsip ini dihayati sebagai tuntutan moral dalam diri pelaku bisnis atau perusahaan, agar dalam menjalankan bisnisnya senantiasa menjaga nama baik dirinya dan  perusahaannya

 

Manfaat Etika Bisnis

Pelaku bisnis akan memperoleh kepercayaan dan citra yang baik di mata konsumen. Manfaat perusahaan dalam menerapkan etika bisnis nenurut Amran (2012, h.14) yaitu:

  1. Perusahaan mendapatkan kepercayaan dari konsumen.
  2. Menciptakan citra yang baik di mata konsumen. 3.
  3. Meningkatkan motivasi
  4. Keuntungan perusahaan dapat diperoleh.

 

Tahapan Etika Bisnis

Etika bisnis dapat dijalankan pada tiga taraf, yaitu (1) taraf makro, (2) taraf meso dan (3) taraf mikro (Bertens, 2009, h.35).

Etika bisnis yang dijalankan pada suatu perusahaan memiliki tahapan. Pada  penelitian ini termasuk tahapan etika bisnis  pada taraf mikro yang fokus adalah individu dalam hubungan bisnis yaitu tanggung jawab antara reseller fashion dan konsumennya.

 

Etika Bisnis dalam Mobile Marketing

  1. Menurut AnneAhira, etika binsis di Internet atau dunia maya harus memperhatikan hal sebagai berikut.
  1. Jujur
  1. Ramah
  1. Berjanji itu untuk ditepati
  1. Adil
  1. Kepedulian pada pelanggan
  1. Responsif
  1. Menghargai pesaing
  1. Mematuhi hukum yang berlaku
  1. Membayar pajak

Dua dari nilai etika  bisnis tersebut koheren dengan nilai yang dikemukakan Bertens sebagai berikut.

  1. Bertanggung jawab
  2. Bersaing secara sehat.

 

Contoh Kasus Pelanggaran Etika Bisnis dalam Bisnis Online

Tertipu Beli Kucing diTokobagus.com, Dokter Gigi Lapor Polisi

JAKARTA – Membeli sebuah barang lewat situs jual beli online (online shop) menjadi pilihan di tengah kesibukan konsumen. Namun nyatanya, masih ada pihak-pihak yang memanfaatkan hal ini untuk melakukan penipuan.

Seperti yang menimpa seorang dokter gigi berinisial NP, warga Cilandak. Dia yang tertarik dengan penjualan kucing di situs tokobagus.com malah ditipu mentah-mentah oleh sang penjual. Kucing seharga Rp3 juta itu gagal menjadi koleksinya.

Korban awalnya berniat untuk menambah koleksi kucingnya dan sengaja mencarinya di internet. Dia kemudian tertarik dengan salag satu kucing yang dijual itu. Nomor telepon yang tertera dalam postingan itu pun langsung dihubungi.

Perjanjian pun kemudian dilakukan antara kedua belah pihak. Kata sepakat kemudian terlontar dan NP diwajibkan mengirim uang tersebut ke rekening yang dituju sang penjual. Uang tersebut kemudian dikirim ke rekening BRI 032801001159533 atas nama Reski. Sang penjuak menjanjikan kucing tersebut akan sampai paling lama 12 jam ke rumah NP.

Lama ditunggu kucing tersebut tak kunjung diterima. NP pun berpikir dirinya sudah ditipu dan memutuskan melaporkan kejadian ini ke Polres Metro Jakarta Selatan, kemarin sore. Kasubag Humas Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Aswin membenarkan laporan itu.

Katanya, Kamis (14/2/2013), NP, warga Cilandak Barat, Jakarta Selatan, tertipu saat membeli kucing melalui online shop di tokobagus.com. Akibat kejadian itu, korban kehilangan uang sebesar Rp3.000.000 dan melaporkan kasus penipuan tersebut dilaporkan ke Mapolres Jakarta Selatan.

Terkait penipuan online seperti itu, Aswin mengimbau agar masyarakat berhati-hati dan selektif dalam setiap transaksi juak beli di situs jual beli online. “Lebih baik datang langsung dan jangan mudah percaya penjualan lewat online, karena saat ini marak modus penipuan tersebut,” ujarnya.

(lam)

 

sumber :

http://news.okezone.com/read/2013/02/14/500/761680/tertipu-beli-kucing-di-tokobagus-com-dokter-gigi-lapor-polisi

https://www.academia.edu/6371222/ETIKA_BISNIS_DALAM_MOBILE_MARKETING_Studi_Deskriptif_Kualitatif_pada_Jualan_Branded_Group_dan_Apriliza_Shop_JURNAL_JURUSAN_ILMU_KOMUNIKASI_FAKULTAS_ILMU_SOSIAL_DAN_ILMU_POLITIK_UNIVERSITAS_BRAWIJAYA_MALANG_2014

Leave a comment